Gresik, 10 Juli 2023 https://mediarestorasiindonesia.com Memahami posisi industri pers saat ini dalam siklus perkembangan dan kemajuan teknologi sangat penting. Hal ini untuk menentukan strategi yang tepat agar tetap eksis dan menguntungkan secara bisnis. Bila kita melihat kondisi pers cetak maupun yang berbasis internet tengah menghadapi persaingan yang semakin meningkat.
Pada posisi seperti ini diperlukan strategi pengembangan produk yang tepat. Strategi itu bisa dilakukan dengan membuat produk baru dengan merambah pada pers online maupun cetak dengan menimgkatkan kualitas, baik itu dengan perubahan desain produk maupun peningkatan kualitas isi media cetak maupun internet.
Berikut adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk mengelola manajemen media massa yang efektif:
1. Mengetahui prioritas media dan target konsumen. Setiap perusahaan media massa harus mengetahui arah prioritas media mereka, mengetahui target konsumennya.
2. Memperhatikan hal yang sedang ramai diperbincangkan, dan memperhatikan tren yang sedang berkembang.
3. Memiliki kebijakan dan strategi yang tepat dalam manajemen media massa. Semua kebijakan harus didiskusikan dengan semua personel, baik itu manajer dan staf-nya. Manajer harus mengerti apa, dimana dan bagaimana mereka akan menerapkannya. Rencana akan sebuah tindakan harus diberitahukan pada setiap bagian departemen. Kebijakan dan strategi harus diperiksa kembali secara berkala. Perencanaan cadangan harus dipersiapkan pula kalau sekiranya akan ada perubahan rencana.
4. Mengelola sumber daya manusia yang ada pada media massa secara efektif untuk mencapai tujuan bersama menggunakan penyelenggaraan media.
5. Melakukan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, koordinasi, dan pengaturan.
6. Mengetahui karakteristik dan daya tarik media massa. Untuk bisa bertahan dan bersaing dengan portal media lain yang serupa, sebuah perusahaan media massa harus memiliki karakteristik yang menjadi ciri khas dan daya tarik media tersebut di mata para konsumen.
Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, diharapkan manajemen media massa dapat berjalan dengan efektif dan sesuai target.
*•Cara Melakukan Perencanaan dan Strategi Media yg Efektif dalam Menajemen Media Massa.*
Berikut adalah cara melakukan perencanaan dan strategi media yang efektif dalam manajemen media massa:
1. Diskusikan kebijakan dan strategi dengan semua personel, baik itu manajer dan staf-nya. Manajer harus mengerti apa, dimana dan bagaimana mereka akan menerapkannya. Rencana akan sebuah tindakan harus diberitahukan pada setiap bagian departemen. Kebijakan dan strategi harus diperiksa kembali secara berkala.
2. Perencanaan cadangan harus dipersiapkan pula kalau sekiranya akan ada perubahan rencana.
3. Lakukan perencanaan media yang meliputi proses penyusunan rencana dan penjadwalan. Perencanaan media meliputi koordinasi tiga tingkat perumusan strategi: strategi pemasaran, strategi periklanan, dan strategi media. Strategi media itu sendiri terdiri dari empat kegiatan yang saling berkaitan, yakni: memilih audiens sasaran, menspesifikasi tujuan media, memilih kategori media dan sarana, dan membeli media.
4. Tentukan bagaimana cara mencapai tujuan dari media massa tersebut yang dapat dilakukan dengan merencanakan dan melaksanakan strategi media.
Dengan mengemukakan pengertian strategi media sebagai ide atau gagasan mengenai bagaimana tujuan media akan dicapai melalui seleksi berbagai kombinasi dari media. Menurutnya setiap tujuan media dapat memiliki lebih dari satu strategi media.
5. Lakukan pengorganisasian, kepemimpinan, koordinasi, dan pengaturan
Dengan menerapkan cara-cara tersebut, diharapkan perusahaan media massa dapat melakukan perencanaan dan strategi media yang efektif dalam mengelola manajemen media massa.(red).
Oleh: Iskandar Laka.
Dosen Fakultas Hukum Universitas Yos Soedarso Surabaya & Penasihat Hukum Media Restorasi Indonesia.